Selasa, 17 Juni 2014

Rukun Islam



Islam di bangun di atas 5 dasar, yaitu Rukun Islam, yang terdiri dari Syahadat bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rasul Allah, Mendirikan Shalat, Membayar Zakat, Puasa Ramadhan, dan Berhaji ke Baitullah. 
Ibarat sebuah rumah, Rukun Islam merupakan tiang-tiang atau penyangga bangunan keislaman seseorang. Di dalamnya tercakup hukum-hukum islam yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia.
Rukun Islam merupakan landasan operasional dari rukun iman. Belum cukup di katakan beriman hanya dengan mengerjakan rukun islam tanpa ada upaya untuk menegakkannya. Rukun Islam merupakan pelatihan bagi orang mukmin menuju keridhoan Allah.

Di antara ke lima kewajiban ini shalat menempati posisi paling penting dan di sebut secara mencolok dalam Al-qur'an mendahului zakat.
Lima Rukun tersebut adalah:

1. Syahadat 

Syahadat adalah pernyataan kepercayaan dalam ke Esaan Allah dan nabi Muhammad sebagai Rasulnya dan merupakan asas dan dasar bagi Rukun Islam lainnya. Syahadat merupakan ruh, inti dan landasan seluruh ajaran islam. Syahadat sering di sebut Syahadatain karena terdiri dari 2 kalimat, yaitu 

kalimat pertama:
asyhadu an-laa ilaaha illallaah
Artinya: Saya bersaksi tiada Tuhan selain Allah.

Kalimat pertama menunjukkan pengakuan Tauhid, artinya: Seorang muslim hanya mempercayai Allah sebagai satu satunya Tuhan. Allah adalah Tuhan dalam arti sesuatu yang menjadi motivasi atau menjadi tujuan seseorang, Jadi dengan mengikrarkan kalimat pertama, seorang muslim memantapkan diri untuk menjadikan hanya Allah sebagai tujuan, motivasi dan jalan hidup.

kalimat ke dua:
wa assyhadu an na muhammaddarasullullaah
Artinya: dan saya bersaksi bahwa Muhammad saw adalah Rasul / utusan Allah.

Kalimat ke dua menunjukkan pengakuan bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah. Dengan mengikrarkan kalimat ini seorang muslim memantapkan diri untuk meyakini ajaran Allah seperti yang di sampaikan melalui Muhammad saw, seperti misalnya meyakini hadis-hadis Muhammad saw.

2. Sholat

Sholat berarti do'a. Kata sholat itu sendiri dalam bahasa arab, berasal dari kata "tselota" dalam bahasa arab (suriah) yaitu induk dari bahasa di timur tengah, sedangkan menurut istilah, sholat bermakna serangkaian kegiatan ibadah khusus atau tertentu yang di mulai dengan takhbiratul ihram dan di akhiri dengan salam.

Arti pentingnya sholat dapat di nilai dari kenyataan bahwa merupakan kewajiban pertama. Dan meskipun sholat dan zakat sering di sebut bersama sama di dalam Al-quran, sholat senantiasa di sebut lebih dahulu.
Adapun dalil di perintahkannya sholat:



Dalam islam tidak ada hari tertentu yang di khususkan untuk sholat atau berdo'a, sebagaimana dalam agama Yahudi dan Kristen. Sholat atau berdo'a merupakan bagian dari kehidupan manusia sehari hari. Ada sholat di waktu subuh (fajr), sholat di tengah hari (dzuhur), sholat di sore hari (ashar), sholat di saat matahari terbenam (maghrib) dan sholat sebelum pergi tidur (isya).

Dengan demikian islam menuntut agar dalam berbagai kondisi beragam yang di alami manusia, ruhnya harus selalu berhubungan dengan ruh Illahi.
Keimanan yang kuat terhadap adanya Allah dan kemahakuasaanNya merupakan sarat sine qua non (yang tidak dapat di tawar tawar) dalam islam dan sholat merupakan sarana untuk berusaha meraih tujuan besar ini.

3. Puasa

Arti puasa menurut bahasa adalah menahan. Menurut syariat islam puasa adalah suatu bentuk aktifitas ibadah kepada Allah SWT dengan cara menahan diri dari makan, minum, hawa nafsu dan hal hal lain yang dapat membatalkan puasa sejak terbit matahari /fajar/ subuh hingga matahari terbenam / maghrib dengan berniat terlebih dahulu sebelumnya.

Puasa memiliki fungsi dan manfaat untuk membuat kita menjadi tahan hawa nafsu, sabar, disiplin, jujur dan peduli dengan fakir miskin, selalu bersukur kepada Allah SWT dan juga untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat.
Adapun dalil di perintahkan Nya berpuasa:


4. Zakat

Zakat adalah jumlah harta tertentu yang wajib di keluarkan oleh orang yang beragama islam dan di berikan kepada orang yang berhak menerimanya (fakir miskin dan sebagainya) menurut ketentuan yang telah di tetapkan oleh syarak. Zakat merupakan rukun ke tiga dari Rukun Islam, dan menjadi salah satu unsur pokok
bagi tegaknya syariat islam. Oleh sebab itu hukum zakat adalah wajib (fardhu) atas setiap muslim yang telah memenuhi sarat sarat tertentu. Zakat termasuk dalam kategori ibadah seperti sholat haji dan puasa yang telah di atur secara rinci dalam Al-quran dan sunnah. Zakat juga merupakan amal sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan yang dapat berkembang sesuai dengan perkembangan umat manusia di manapun.
Adapun dalil di perintahkan nya zakat:



Zakat terbagi atas dua jenis yaitu:
  1. Zakat Fitrah, adalah zakat yang wajib di keluarkan muslim menjelang idul fitri pada bulan ramadhan, besar zakat ini setara dengan 3,5 liter (2,5 kilogram) makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan.
  2. Zakat Maal (Harta), adalah mencakup hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak. Masing masing jenis memiliki perhitungan nya sendiri sendiri.
5. Haji

Haji ialah menuju ke baitullah dan tempat tempat tertentu untuk melaksanakan amalan-amalan ibadah tertentu pula. Haji merupakan Rukun Islam yang kelima setelah syahadat, sholat, puasa dan zakat, menunaikan ibadah haji ialah bentuk ritual tahunan yang di laksanakan kaum muslim sedunia yang mampu (material, fisik dan keilmuan) dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di arab saudi pada suatu waktu yang di kenal sebagai musim haji (bulan Zulhijah). Hal ini berbeda dengan ibadah umroh yang bisa di laksanakan sewaktu waktu.
Adapun dalil di perintahkanNya haji:



Kegiatan ibadah haji di mulai pada tangga 8 Zulhijah ketika umat islam bermalam di mina, wukuf (berdiam diri) di padang arafah pada tanggal 9 Zulhijah, dan berakhir setelah melempar jumrah (melempar batu simbolisasi setan) pada tanggal Zulhijah. Masyarakat indonesia lazim juga menyebut hari raya idul adha sebabagai hari raya haji karena bersamaan perayaan ibadah haji ini. Ibadah haji hanya diwajibkan sekali seumur hidup. Selebihnya, merupakan sunnah.

Sebagai kessimpulan:
  1. Syahadat sering di sebut dengan syahadatain karena terdiri dari 2 kalimat,
  2. Sholat berarti do'a. Sholat merupakan serangkaian kegiatan ibadah khusus atau tertentu yang di mulai dengan takbiratul ihram dan di akhiri dengan salam.
  3. Puasa adalah menahan diri dari makan, minum, hawa nafsu dan hal hal lain yang dapat membatalkan puasa sejak terbit matahari hingga matahari terbenam.
  4. Zakat adalah sebagian harta yang wajib di keluarkan oleh orang yang beragama islam dan di berikan kepada golongan yang berhak menerimanya.
  5. Haji adalah menuju ke baitullah dan tempat tempat tertentu untuk melaksanakan amalan amalan ibadah tertentu pula.
Mohon ma'af jika ada kekurangan dalam penulisan artikel ini karena admin juga masih dalam tahap belajar, terima kasih.


"Rukun Islam"
SEMOGA BERMANFAAT
dan semoga Allah selalu menetapkan Iman dan Islam di hati kita semua, amiin

1 komentar: