Sabtu, 21 Juni 2014

Keutamaan Membaca Al-Qur'an


Keutamaan Membaca Al-Qur'an
Al-Qur'an adalah kitab suci agama Islam yang di sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan malaikat Jibril dan sebagai wahyu pertama yang di terima oleh nabi Muhammad SAW adalah sebagaimana yang terdapat dalam surat Al-Alaq 1-5:
"1.Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhan mu yang menciptakan, 2.Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. 3.Bacalah, dan Tuhan-mulah Yang Maha Mulia. 4.Yang Mengajar (manusia) dengan pena. 5.Dia mengajarkan manusia apa yang tidak di ketahuinya".
Menurut Muhammad ash-Shabuni Al-Qur'an adalah:
"Firman Allah yang tiada tandingnya, di turunkan kepada nabi Muhammad SAW penutup para Nabi dan Rasul, dengan perantaraan malaikat Jibril a.s dan di tulis pada mushaf-mushaf yang kemudian di sampaikan kepada kita secara mutawatir, serta membaca dan mempelajarinya merupakan ibadah, yang di mulai dengan surat Al-fatihah dan di tutup dengan surat An-nas".
Adapun keutamaan dalam membaca Al-Qur'an adalah:

Keutamaan Membaca Al-Qur'an
"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah (al-quran) dan melaksanakan Sholat serta menginfakkan sebagian rezeki yang Kami Anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi".
( Q.S. Fathir : 29 )

Keutamaan Membaca Al-Qur'an
"Di riwayatkan dari Abu Umamah r.a ia berkata: saya mendengar Rasullullah SAW bersabdah, bacalah Al-quran kareena ia akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat kepada ahli-ahlinya".
( H.R. Muslim )

Keutamaan Membaca Al-Qur'an
"Di riwayatkan dari Ibn Mas'ud r.a Ia berkata: Rasullullah SAW telah bersabdah, siapa membaca satu hurup al-quran, maka ia memperoleh sepuluh kebaikan. Alif lam mim bukan satu  huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf pula".
( H.R. al-Tirmidzi )

Keutamaan Membaca Al-Qur'an
"Abu Hurairah r.a meriwayatkan bahwa Rasullullah SAW  bersabdah: Maukah salah seorang dari kalian jika dia kembali ke rumahnya mendapati di dalam nya tiga onta yang hamil, gemuk serta besar? Kami (para sahabat) menjawab: "Iya", Rasullullah SAW bersabdah: Salah seorang dari kalian membaca tiga ayat di dalam sholat lebih baik baginya daripada mendapatkan tiga onta yang hamil, gemuk dan besar".
( H.R. Muslim )

Keutamaan Membaca Al-Qur'an
"Aisyah r.a meriwaayatkan bahwa Rasullullah SAW  bersabdah: Seorang yang lancar membaca Al-quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al-quran dan terbata-bata di dalam nya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala".
( H.R. Muslim)

Klik di sini untuk download Al-Qur'an terjemah lengkap dengan suara Ustadz nya.


"Keutamaan Membaca Al-Qur'an"
SEMOGA BERMANFAAT
dan semoga Allah selalu menetapkan Iman dan Islam di hati kita semua, Amiin...


0 komentar:

Posting Komentar